Minggu, 28 Desember 2014

Museum Dewantara Kirti Griya




Museum Dewantara Kirti Griya terletak di kompleks Perguruan Tamansiswa, Jalan Tamansiswa No.31, Yogyakarta. Museum ini memiliki luas kurang lebih 300 meter persegi. Dulunya adalah milik seorang Belanda yang dibangun sekitar tahun 1915 yang kemudian bangunan ini dibeli oleh Ki Hadjar Dewantara seharga 3.000 Gulden untuk dijadikan tempat tinggal. Kemudian Ki Hadjar Dewantara mendirikan beberapa bangunan disekitar tempat tinggalnya, diantaranya adalah: Pendopo Agung Tamansiswa, Taman Indria (TK), Taman Muda (SD), Taman Dewasa (SMP), dan Kantor Majelis Luhur Tamansiswa; sehingga menjadi sebuah kompleks yang diberi nama Perguruan Tamansiswa.

Keinginan Ki Hadjar Dewantara untuk menjadikan tempat kediamannya sebagai museum di utarakannya dalam rapat pamong Tamansiswa pada tahun 1958. Pada tanggal 2 Mei 1970, sebuah museum yang dulunya adalah kediaman Ki Hadjar Dewantara resmi dibuka oleh Ketua Umum Persatuan Tamansiswa, Nyi Hadjar Dewantara (Nyi Sutartinah) dengan nama “Museum Dewantara Kirti Griya”.

Museum Dewantara Kirti Griya menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan kehidupan Ki Hadjar Dewantara. Benda-benda milik Ki dan Nyi Hadjar Dewatara tersebut diantaranya adalah : baju, ranjang, mesin ketik, barang-barang pecah belah, foto-foto, buku-buku dan maish banyak lagi. Di sebelah museum juga terdapat sebuah perpustakaan yang berisi buku-buku bacaan koleksi Ki Hadjar Dewantara dan berbagai buku dari sahabatnya. Disana juga terdapat surat kabar dan majalah; salah satu tulisannya yang tak asing bagi kita 'ik was an Neederland'. Museum Dewantara Kirti Griya memiliki koleksi sebanyak 1205 buah dan perpustakaannya menyimpan koleksi sebanyak 2100 buku. (Ampi Maisa Andrianus)


Waktu Kunjungan :

Senin-Kamis : 08.00 – 13.30 WIB
Jum’at : 08.00 – 11.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 12.30 WIB

Tiket MasukGratis






Tidak ada komentar:

Posting Komentar