Minggu, 28 Desember 2014

Museum Gunung Api Merapi




Museum Gunung Api Merapi terletak di Jalan Kaliurang km 22 Banteng, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Museum dengan bangunan modern ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bapak Purnomo Yusgiantoro dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 1 Januari 2010. Museum ini memiliki luas 4.470 meter persegi di atas permukaan tanah seluas 3,5 hektar.

Museum Gunung Api Merapi dibangun dengan visi “terwujudnya pengetahuan masyarakat tentang pemahaman ilmu kegunungapian dan kebumian” dan misi “meningkatkan geowisata bernilai edukasi tentang ilmu kegunungapian dan kebumian di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Museum ini sangat unik,karena bentuk bangunannya memiliki filosofi tersendiri. Misalnya saja seperti bagian kepala yang berbentuk kerucut diartikan sebagai gunung api yang merupakan sumber kehidupan masyarakat. Filosofi lainnya seperti gerbang masuk, undakan, dan lain-lain dapat Anda baca ketika mengunjungi museum ini.

Museum Gunung Api merapi menyajikan informasi mengenai gunung-gunung api, diorama-diorama, foto-foto letusan gunung berapi, bencana gempa bumi dan tsunami, dan On The Merapi Volcano Trail. Koleksi-koleksinya antara lain Volcano World yang berisi pengetahuan tentang gunung api di dunia; foto-foto dokumentasi Gunung Merapi saat erupsi, terjadinya awan panas, bertumbuhnya kubah lava, dan sebagainya; material dari berbagai jenis gunung api di Indonesia; Magnetometer, proyeksi gambar, komputer, dan peralatan seismik yang pernah digunakan; dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Museum Gunung Api Merapi juga menyediakan Theater dengan harga yang murah sehingga kita dapat menyaksikan tanyangan edukatif mengenai gunung merapi.





Museum Gunung Api Merapi sangat cocok dijadikan tujuan wisata akhir pekan Anda. Di museum ini Anda akan mengetahui informasi mengenai fenomena terbentuknya gunung api sebagai hasil dari proses-proses geologi, informasi ilmiah mengenai kegunungapian, informasi mitigasi bencana gunung api, informasi berupa mitologi tentang Merapi kaitannya dengan kepercayaan masyarakat Jawa zaman dulu dan masih banyak lagi. Akhir kata selamat mengunjungi Museum Gunung Api Merapi, dan jangan lupa mengisi buku presensi tamu ya.. (Ampi Maisa Andrianus)

Waktu Kunjungan :

Selasa – Minggu : 09.00-15.30 WIB
Senin : Tutup


Tiket Masuk

Rp.3.000,00/orang
Teater: Rp.5.000,00/orang.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar