Minggu, 28 Desember 2014

Museum Perjuangan




Museum Perjuangan Yogyakarta terletak di Jalan Kolonel Soegiyono No.24, Yogyakarta. Tepatnya di RT 14 RW 6 Brontokusuma, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Museum Perjuangan Yogyakarta pengelolaannya berada dibawah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, sehingga sering dikenal dengan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Unit II. Pengelolaan Museum Perjuangan Yogyakarta ini diserahkan dari Museum Sonobudoyo kepada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada tanggal 5 September 1997.

Berdirinya Museum perjuangan Yogyakarta sangat erat kaitannya dengan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. Museum ini didirikan dengan tujuan agar generasi penerus bangsa selalu ingat kepada sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Setelah saya membaca sejarahnya, saya merasa untuk membangun sebuah Museum Perjuangan pun dibutuhkan perjuangan yang besar dari para pendiri. Memang museum ini dalam prosesnya tela mengalami pasang surut. Anda bisa datang untuk mengetahui sejarah, arti, dan makna bangunan Museum Perjuangan Yogyakarta.




Museum ini menyimpan banyak sekali benda-benda bersejarah yang menjadi bukti perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah. Dalam museum ini, terdapat benda-benda peninggalan seperti bambu runcing, bermacam-macam patung dan lukisan, serta foto-foto perjuangan. Anda juga dapat menemukan replika dari senjata Belanda, seperti meriam dan miniatur kapal VOC serta koleksi lainnya yang berkaitan dengan perjuangan bangsa Indonesia dulu. (Ampi Maisa Andrianus)


Waktu Kunjungan :

Selasa-Kamis : 08.30 – 14.00 WIB
Jum’at : 08.30 – 11.30 WIB
Sabtu, Minggu : 08.30 – 13.00 WIB
Senin : Libur

Tiket Masuk: Rp.2.000,00/orang.




Rempah-rempah yang menjadi incaran penjajah saat itu.

Meriam VOC yang ditemukan di kompleks Benteng Vredeburg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar